Sejarah Internet

Posting Komentar

 Sejarah Internet


Internet, sebuah sistem global yang mengubah dunia komunikasi dan metode perdagangan, memanfaatkan jaringan komputer di seluruh dunia. Tetapi bagaimana sejarah internet itu sendiri?


Sejarah internet dimulai dari adanya rangkaian pusat yang dibuat oleh ARPA (Advanced Research Projects Agency) pada tahun 1969. Rangkaian ini dikenal sebagai ARPANET, yang merupakan cikal bakal dari internet yang kita kenal hari ini. ARPANET pertama kali menghubungkan empat lokasi universitas di Amerika Serikat, yaitu University of California Los Angeles, Stanford Research Institute, University of California Santa Barbara, dan University of Utah.


Pada awal tahun 1980, komputer pribadi atau PC mulai banyak digunakan. ARPANET sudah mempunyai 213 jaringan komputer yang terhubung sehingga layanan untuk BITNET mulai dibuka.


Internet muncul di dunia pada tanggal 1 Januari 1983. Pada tanggal ini, TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) mulai diimplementasikan pada sistem jaringan internet. Dari sinilah, para peneliti mulai untuk menghubungkan jaringan satu dengan jaringan lainnya yang berbeda hingga menjadi internet modern seperti saat ini.


Kemudian pada tahun 1990, peneliti di CERN, Tim Berners-Lee, menciptakan World Wide Web. Dengan adanya WWW, internet menjadi lebih mudah diakses oleh banyak orang. WWW memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi dari seluruh dunia dengan mudah dan cepat.


Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Pada tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator.


Pada tahun 1995, beberapa perusahaan seperti Microsoft dan AOL mulai memasuki pasar internet. Microsoft meluncurkan browser web pertamanya, Internet Explorer, dan AOL menjadi penyedia layanan internet terbesar di dunia.


Sejak itu, internet telah berkembang dengan pesat. Saat ini, hampir semua aspek kehidupan kita dipengaruhi oleh internet, mulai dari komunikasi, pendidikan, bisnis, hiburan, dan banyak lagi. Internet telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita dan terus berkembang dan berubah setiap hari.


Sumber: Wikipedia, Kompas, DetikInet, Qwords, Detik

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar